Peduli Kesehatan Masyarakat, Dompet Dhuafa Targetkan Pasang 1.000 Bilik Disinfektan

0
278
Dok Dompet Duafa

Sebagai salah satu media pemutus penularan virus corona yang tengah mewabah di Indonesia, bilik disinfektan mulai banyak pasangan di berbagai kantor, pemerintahan, gedung perkantoran, perumahan hingga istana.

Langkah ini pula yang diambil Dompet Dhuafa dengan menargetkan pemasangan 1.000 Bilik bilik disinfektan di lokasi-lokasi yang membutuhkan.

Sejauh ini, sudah terdapat 63 bilik disinfektan yang dipasang Dompet Dhuafa di 44 rumah sakit dan fasilitas kesehatan, empat fasilitas pendidikan, 10 layanan publik, empat fasilitas umum, dan satu stasiun MRT.

Ketua Crisis Center Cekal Corona Yeni Purnamasari mengatakan, bilik disinfektan merupakan salah satu upaya mengurangi virus dan bakteri yang menempel di permukaan pakaian atau benda. Dalam pemakaiannya, imbuh dia, juga perlu edukasi terkait lama pemakaian, serta peringatan larangan untuk ditelan dan paparan langsung terhadap mata.

“Penggunaan bilik disinfektan tidak meninggalkan metode pencegahan virus melalui cuci tangan dengan air mengalir dan sabun,” kata Yeni, dalam keterangan tertulis.

Dompet Dhuafa bermitra dengan banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang saat ini terdampak langsung lesunya ekonomi.

Dompet Dhuafa memasang bilik-bilik tersebut menggunakan dana kemanusiaan hasil donasi masyarakat dan lembaga.

“Bilik Cekal Corona Dompet Dhuafa menggunakan cairan antiseptik yang aman bagi tubuh manusia dan sesuai anjuran tenaga kesehatan dan farmakolog,” kata Imam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here